Friday, April 3, 2009

AFFILIATE MARKETING


AFFILIATE MARKETING…!

Affiliate marketing adalah sebuah cara menghasilkan uang dari internet. Bisnis ini pada dasarnya merupakan model bisnis yang sangat lama, yakni membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual.Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya. Dalam affiliate marketing, kita dibayar kalau kita berhasil menjual produk/jasa seorang merchant atau affiliate merchant. Merchant atau affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sementara orang-orang yang tidak memiliki produk/jasa untuk dijual, bisa membantu affiliate merchant tersebut dalam menjualkan produknya. Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi. Nah, orang-orang yang menghasilkan uang dengan cara tersebut di atas disebut affiliate marketers atau affiliate. Kadang-kadang mereka juga disebut associates atau program partners.

Kalau kita mendaftarkan diri pada affiliate program milik affiliate merchant, artinya kita mendaftarkan diri menjadi salah satu anggota jajaran sales online mereka. Kata lain bagi affiliate program adalah associate programs, bounty programs, referrer programs atau referral, partner programs atau revenue sharing programs. Semuanya sama saja! Hanya beda kata. Tapi lebih enaknya disebut “affiliate program” karena ini istilah yang lebih umum digunakan para marketer.

Ide Dari Model Bisnis Affiliate Marketing

Anda pernah bekerja untuk seseorang atau perusahaan dan mendapatkan komisi? Affiliate marketing adalah model bisnis semacam itu. Sebagai contoh, dulu waktu kuliah, saya pernah jualan buku bacaan untuk para mahasiswa. Saya tawarkan kepada teman-teman dari kost ke kost yang lain, berharap ada yang mau membeli buku yang saya jual. Kalau saya berhasil menjual satu produk buku yang saya pasarkan, maka si pemilik buku (affiliate merchant) memberi saya persentase dari hasil penjualan. Dan tentu saja kalau saya tidak berhasil menjual buku, saya tidak dibayar. Anda pernah juga diberi uang jasa karena berhasil mendapatkan orang yang bersedia melakukan transaksi bisnis dengan seseorang? Kalau di dunia nyata biasanya hal ini kita kenal dengan istilah calo, perantara atau broker.

Contoh lainnya: Ada sebidang tanah yang akan dijual kemudian kita bantu untuk mencarikan pembeli yang ingin membeli tanah tersebut. Kalau kita berhasil maka akan mendapatkan komisi atas jasa kita mendapatkan orang yang mau membeli tanah tersebut. Affiliate marketing kurang lebih juga serupa dengan bisnis itu!

Ada banyak affiliate merchant yang bersedia membayar kalau kita berhasil mendapatkan calon pembeli yang memenuhi kualifikasi mereka. Dalam dunia internet marketing, calon pembeli ini biasa dikenal dengan sebutan leads atau prospects.

Bagaimana Cara Affiliate Marketing Bekerja?

Sekarang kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan ‘Affiliate Marketing’, dan tentunya kita ingin tahu BAGAIMANA cara kerja bisnis ini di internet sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan!

Dalam bisnis online, semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui ‘link khusus’ atau dikenal dengan istilah ‘affiliate link’. Affiliate link ini diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa). Cara kerja affiliate link adalah sebagai berikut:

Misalnya kita menemukan sebuah produk online yang ingin kita jual. Lalu kita melihat web site tersebut menawarkan program affiliate. Setelah kita pelajari ternyata mereka bersedia memberi kita komisi sebesar 40% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan.

Kita kemudian mendaftarkan diri pada affiliate program tersebut dengan mengisi sebuah form. Biasanya merchant akan meminta kita untuk mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima ‘cek’ (untuk komisi), email, nomor telepon, dll.

Kita juga akan diminta untuk membaca ‘affiliate agreement’. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasa menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).

Affiliate agreement ini penting karena jika kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah tertulis di sana, affiliate merchant bisa menunda pembayaran atau bahkan mengeluarkan kita dari affiliate program mereka. Nah, setelah kita menyatakan bersedia mematuhi affiliate agreement tersebut, affiliate merchant akan memberikan sebuah ‘affiliate link’ untuk kita. Tugas kita selanjutnya adalah mempromosikan affiliate link tersebut.

Misalnya saja dengan cara menempatkan link itu di web site kita atau di email signature, dengan harapan ada orang yang akan ‘mengklik’ dan MEMBELI produk/jasa yang kita pasarkan tersebut. Nah, pada saat ada orang yang mengklik affiliate link kita dan melakukan pembelian, kita akan diberi komisi untuk penjualan tersebut! Tapi ingat lho! Orang ini HARUS benar-benar melakukan pembelian. Hanya karena seseorang mengklik link affiliate kita, bukan berarti affiliate merchant perlu membayar kita. Waah.. bisa rugi dong mereka! Inilah tantangan sebenarnya dalam dunia affiliate marketing. Affiliate merchant melakukan tugasnya menjual dan mengirimkan produk/jasanya pada orang yang membelinya lewat link kita. Sedangkan kita menolong mereka dengan mempromosikan affiliate link yang mereka berikan Setiap affiliate link biasanya terdiri dari serangkaian angka atau huruf yang unik disertai dengan ‘affiliate ID’ kita, yang berfungsi mengidentifikasi KITA sebagai satu-satunya orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan yang dihasilkan melalui affiliate link tadi!

Contoh: Katakanlah Anda ingin memasarkan E-Book SMUO (SISTEM MESIN UANG OTOMATIS) maka bergabunglah di Http://www.formulabisnis.com/?id=djhins. Anda melihat potential earning yang cukup menarik yang diberikan oleh Forbis. Lalu Anda mendaftar menjadi affiliate Forbis. Setelah Anda mendaftar, Anda akan mendapatkan ‘affiliate link’ dari Forbis seperti ini: Http://www.formulabisnis.com/?id=djhins (Dalam hal ini, katakanlah id affiliate Anda adalah djhins. Setiap orang yang mengikuti Program Affiliate FORBIS akan mempunyai kode affiliate yang berbeda). Lalu Anda promosikan link di atas dengan kreativitas Anda. Misalnya saja dengan membuat sebuah website/Blog yang mengulas tentang E-Book SMUO, seperti blog saya ini…! di mana di dalamnya Anda sertakan affiliate link Anda menuju situs FORBIS. Intinya, pada saat seseorang mengunjungi situs FORBIS lewat link Anda dan kemudian dia bergabung, maka sistem affiliate FORBIS akan merekam bahwa affiliate id djhins telah berhasil menjual. Sistem yang dibuat di FORBIS akan mengirimkan email secara otomatis kepada Anda pada saat Anda berhasil menjual. Selanjutnya, Anda pun akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan E-Book SMUO, lumayan 1 orang 100.000 langsung di transfer ke Rekening anda. Program FORBIS ini pakai modal awal untuk membeli E-Booknya tapi keuntunganya memuaskan dan ada garansi uang kembali 200%. Gimana berminat? gabung aza…! Kalo mau yang gratisan juga ada, Anda tinggal minta petunjuk, petuah supaya dapat wangsit, search di Mbah Google pasti dapat..! Inilah Sekilas review dari Affiliate marketing…! Moga bermanfaat..!

Do It and Earn Money From Your Website

0 comments:

Post a Comment

Is This Article Useful For You? Please Clik Here For A Free Subscription Or Subscribe Via Email. You Will Get The Latesh Articles From Han2bisnis.blogspot.com
 

Blogger Business | Copyright 2009 - Designed by Gaganpreet Singh